Barat Menyebutnya “Propaganda Film” China Menyebutnya “Main Melody”

Ketika Sejarah sebuah negara dijadikan film, kepentingan pemerintah yang berkuasa saat itu akan ikut campur di dalamnya. Dan inilah yang akan mungkin (baca: pasti) terjadi dalam film tentang sejarah China. Menyambut 60 tahun komunis berdiri di Negeri China itu, pemerintah akan meng”approve” sekitar 50 film yang menceritakan nasionalisme, sejarah dan momen-momen selama perjuangan 60 tahun itu. Pemerintah China meng-instruksikan untuk membuat karya-karya seni yang berhubungan dengan nasionalisme selama 60 tahun negeri bambu ini berdiri

Termasuk di antaranya, perang saudara 1946 – 1949, yang menghasilkan Taiwan dan Mao Ze Dong mendeklarasikan Republik Rakyat China dalam judul “The Great Cause of China’s Foundation”, kemudian cerita-cerita heroik gempa besar Sichuan, lalu ada cerita tentang “Iron Man Wang” salah satu insiden dari Tianamen Square, beberapa judul lain yang menarik adalah: “College Entrance Examination in 1977.”

China yang semakin terbuka akhir-akhir ini, mulai mengangkat film-film sejarah, yang tentunya sudah disetujui dan lulus sensor dari pihak berwenang. Film-film ini, China menyebutnya “Main Melody” sebuah kalimat yang tentu lebih enak didengar dari pada kata “Propaganda. Production House di China sekarang lebih berani menyentuh film-film ini, setelah China meloloskan beberapa film tentang sejarah yang dibawakan lebih santai, dengan bumbu komedi, atau sedikit diubah sehingga lebih komersial. Bintang-bintang besar juga mulai melirik film-film seperti ini.

Menarik untuk ditunggu, ketika sejarah yang dirilis oleh rezim dulu dan rezim sekarang bertemu, China yang sekarang lebih terbuka, apakah mungkin ada beberapa kebenaran sejarah yang sudah diluruskan, dan pemerintah menganggapnya sudah siap untuk dirilis dan diketahui publik?

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s