Menghidupkan Benjamin Button (Oscar Winning Visual Effects)

David Fincher, sutradara Benjamin Button ini sudah merencanakan film ini dari tahun 2002, dan bekerja bersama Digital Domain, perusahaan spesial efek. Riset yang dimulai tahun 2002 itu tidak menghasilkan solusi, karena keterbatasan teknologi saat itu.

Photobucket

Dalam film Benjamin Button ini, 52 menit pertama bukanlah Brad Pitt dalam makeup. Brad Pitt bahkan tidak berada di lokasi. Muka Brad Pitt direkam dalam studio, dan dicocokan dengan muka aktor asli berumur 70an. Dan kepala yang terlihat sebagai hasil akhir adalah kreasi CGI.

Photobucket

Tahun 2004 Digital Domain melakukan percobaan dengan mengganti kepala dari tubuh manusia dan membuat rendering yang menyerupai kulit asli. Eksperimen yang terbatas pada beberapa gerakan dan tanpa dialog.

Digital Domain meninggalkan teknologi lama, membuat software baru, dan menggabungkan beberapa teknologi dalam pemakaian baru. Intinya, software ini menghitung ekspresi muka Brad Pitt sampai ke alis, kemudian mencocokkan dengan frame pada muka aktor tua,lalu menempatkan posisi raut wajah dan ekspresi Brad Pitt menimpa muka aktor aslinya.

Dengan kemampuan ini, David Fincher dan tim spesial efek bisa memilih bentuk ekspresi yang cocok, alis mata Brad Pitt, pandangan mata, bentuk senyum, hingga perubahan gerakan alis mata.

Dan hasilnya, Brad Pitt masuk nominasi Oscar. Loh? haha, karena Brad Pitt harus membayangkan sendiri adegan itu karena dia tidak berakting di lokasi dan tidak berinteraksi dengan pemain lain. Dia melakukannya dalam studio terutup dan tidak bergerak, alias hanya mukanya yang direkam

Dunia Benjamin Button yang kita liat di layar adalah dunia rekaan CGI, laut, kapal, ruang aula tempat jam terbalik di pasang, bahkan jamnya sendiri juga merupakan kreasi CGI

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Satu lagi, di sini, Cate Blanchett mengalami “pemudaan kembali / youthening” menghapus keriput, raut wajah dan rona wajah diperbaharui (yey impian setiap wanita setengah baya di seluruh dunia!!!

Photobucket

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Menghidupkan Benjamin Button (Oscar Winning Visual Effects)

  1. gilasinema berkata:

    Cuman nambahin, itu teknologinya dinamai Facial Chapture

  2. rawkusbixhu berkata:

    thanks updatenya :D:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s